Minggu, 30 Oktober 2011

ABS ( Anti-lock Braking Sistem)

Sistem rem anti terkunci atau anti-lock braking sistem (ABS) merupakan sistem pengereman pada mobil agar tidak terjadi penguncian roda ketika terjadi pengereman mendadak/keras.
Sistem ini bekerja apabila pada mobil terjadi pengereman keras sehingga salah sebagian atau semua roda berhenti sementara mobil masih melaju, membuat kendaraan tidak terkendali sama sekali. Ketika sensornya mendeteksi ada roda mengunci, ia akan memerintahkan piston remuntuk mengendurkan tekanan, lalu mengeraskannya kembali begitu roda berputar. Proses itu berlangsung sangat cepat, bisa mencapai 15 kali/detik. Efeknya adalah mobil tetap dapat dikendalikan dan jarak pengereman makin efektif.



1. ABS ECU => untuk menerima signal input dari sensor-sensor roda, dan mengirim signal output ke ABS Actuator
2. ABS Actuator => menerima signal dari ABS ECU kemudian mengatur tekanan hidrolis ke Caliper/ Silinder Roda
3. Whell Sensor (sensor roda) => untuk mengukur kecepatan putaran roda dan mengirimkan signal ke ABS ECU
4. Caliper/ Silinder Roda => untuk melakukan pengereman terhadap roda sesuai dengan tekanan hidrolis yang diberikan
5. Hydrolic Pipe => untuk mengalirkan tekanan fluida menuju ke Caliper/ Silinder Roda
Silakan liat videonya disini!
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar